Pusat Pengembangan Sumber daya Manusia Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat IPB (P2SDM) Bekerjasama dengan
PT. Solusi Bangun Indonesia ( Holcim)
menginisiasi sebuah kelembagaan ekonomi bagi masyarakat khusus masyarakat binaan holcim. Rencananya kelembagaan ekonomi tersebut akan dibentuk berupa kelembagaan koperasi.

Sosialisasi dan penyuluhan Koperasi Tani dilakukan di kawasan lingkungan PT. Solusi Bangun Indonesia (Holcim),Desa Nambo, Bogor, 27/3.

Sekretaris Pusat Pengembangan Sumberdaya Manusia Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat IPB (P2SDM), Warcito, SP., MM menyampaikan melalui inisiasi P2SDM LPPM IPB dan PT. Solusi Bangun Indonesia (Holcim), saya melihat masyarakat antusias untuk mendirikan sebuah koperasi di desa binaan.

Lebih lanjut, Warcito menyampaikan Koperasi yang akan diberi nama Wiratani Mandiri Nusantara ini bertujuan Untuk menghimpun dana dari anggota sebagai modal usaha bersama
Selain itu juga untuk membangun dan mengembangkan potensi ekonomi anggota berbasis inovasi dari IPB, membantu anggota dalam menyediakan sumber daya yang dibutuhkan, mendidik dan melatih anggota agar memiliki kemampuan dan keahlian yang bernilai ekonomi
Dan untuk meningkatkan kesejahteraan melalui pola pembagian sisa hasil usaha

Rencananya ruang lingkup bidang usaha yang akan menjadi fokus diantaranya adalah
Usaha Jasa wisata pendidikan pertanian (eduagro tourism); Usaha Pelatihan melalui Bimbingan Teknis Budidaya, Diklat, Seminar; Usaha Perikanan melalui Pembesaran Ikan Lele, Ikan Nila, Ikan Patin, dengan teknologi bioflok; Usaha Peternakan melalui pembesaran sapi, domba dan ternak unggas serta kambing perah; Usaha Pertanian melalui sereh wangi, rumput gajah odot dan indigofera, usaha produksi dan pengolahan minyak atsiri dan turunannya, Usaha produksi pakan ternak, produksi pupuk organik, Usaha pengolahan pasca panen pertanian dan peternakan, Usaha Perdagangan dan pemasaran meliputi industri pakan ternak dan ikan, probiotik, benih ikan, obat-obatan pertanian, perlengkapan kolam budidaya, sembako dan Usaha kerja sama dengan badan usaha lain yang saling menguntungkan.

Hadir dalam Sosialisasi dan penyuluhan Koperasi Wiratani Mandiri Nusantara adalah perwakilan dari Dinas Koperasi dan UMKM Kab.Bogor, Manajer Comrel SBI, dan para calon anggota koperasi yang berasal dari masyarakat yang telah terlibat dalam program penanaman rumput odot, indigofera dan sereh wangi, kelompok usaha domba dan perwakilan dari desa nambo.

Bagikan berita ini:
Facebook
Google+
Twitter
YouTube
Instagram