10 peserta dari 6 Perguruan tinggi di Indonesia yaitu Universitas Hasanudin, IAIN Pontianak, Universitas Siliwangi, universitas sulawesi barat, Universitas Negeri Surabaya, IAIN Jawa Tengah mengikuti Bimtek Standar Penjaminan Mutu Internal dan Audit Mutu Internal di P2SDM IPB. Acara dilaksanakan selama 5 hari pada tanggal 22-27/7 di Bogor.

Kepala Pusat Pengembangan Sumberdaya Manusia (P2SDM) LPPM IPB, Dr.Ir. Amiruddin Saleh, MS dalam sambutannya menyampaikan bahwa penjaminan mutu merupakan salah satu yang diamanatkan dalam 
Undang undang sistem pendidikan Nasional di Indonesia yaitu No 20 tahun 2003 pasal 51. Dalam undang undang disebutkan agar pengelolaan perguruan tinggi agar melaksanakan prinsip-prinsip otonomi, akuntabilitas, jaminan mutu, evaluasi yang transparan. 

Dengan Bimtek ini diharapkan para peserta mampu membangun penjaminan mutu di perguruan tinggi masing masing sesuai visi misi mempu memberikan layanan yang memenuhi layanan pendidikan formal sesuai standar nasional pendidikan tinggi. serta dapat meningkatkan mutu pelayanan. Selain itu diharapkan juga Mampu membangun penjaminan mutu sebagai kegiatan sistemik di perguruan tinggi.

Dr.Ir. Amiruddin menambahkan bahwa tantangan lulusan Perguruan tinggi saat ini untuk masuk dunia kerja tidak mudah. Mahasiswa dari Perguruan Tinggi harus dibekali dengan skill techno sociopreneur yang unggul memiliki karakter, ciri ciri berakhlak mulia, tanggung jawab, memiliki wawasan kebangsaan NKRI, pembelajar dan lincah. Lulusan perguruan tinggi harus mempunyai kompetensi dan skill tinggi sehingga dapat bersaing di dunia kerja.

Dalam merespon fenomena global dibutuhkan kecepatan karena dunia saat ini penuh kejutan, sehingga lulusan harus siap dengan ketidakpastian tersebut. Agar lulusan menjadi pribadi unggul, berjiwa entrepreneur, terpuji, jujur,berani, adaptif di masyarakat dan dunia kerja. Mampu bersaing juga siap pakai dan dapat bersaing secara global. 

Bimtek diharapkan dapat diimplementasikan dan juga akan memfasilitasi peserta untuk memasukan muatan muatan baru, format baru yang aplikatif sesuai era 4.0 dan 3.0 sesuai dengan Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi (SPM Dikti) saat ini.

Narasumber berasal dari Kemenristek dikti dan IPB. Peserta juga disertifikasi oleh Lembaga Sertifikasi Personal Quantum HRM Internasional sebagai auditor mutu perguruan tinggi berbasis ISO 17024. (dh)

Bagikan berita ini:
Facebook
Twitter
YouTube
Instagram