Pusat Pengembangan Sumberdaya Manusia (P2SDM) Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) IPB University bantu Bekali Mahasiswa IPB Goes to Field di wilayah Kabupaten Bogor, khususnya Kecamatan Klapanunggal. Acara pembekalan dilaksanakan di P2SDM kampus IPB Baranangsiang, 11/7

Kepala P2SDM IPB, Dr. Amiruddin Saleh, sangat mengapresiasi dan bergembira program IPB Goes to Field (IGTF) dapat dilaksanakan di Kecamatan Klapanunggal Kabupaten Bogor yang selama ini merupakan mitra binaan PT. Solusi Bangun Indonesia (SBI)/Holcim.

Lebih lanjut Dr.Amir menambahkan perlunya kesiapan mental dari mahasiswa dalam melaksanakan tugas di lapangan. 

Rencananya mahasiswa Program IGTF di Kecamatan Klapanunggal ini akan difokuskan pada desa wisata dan pertanian terpadu.

Diharapkan melalui program IGTF di kabupaten bogor mahasiswa IPB University dapat membantu masyarakat untuk membangun desa wisata di klapanunggal dan ujicoba eduwisata pertanian terpadu, tambah Dr.Amir

Dalam acara ini mahasiswa IGTF dibekali Materi pemberdayaan masyarakat yang disampaikan oleh Peneliti P2SDM IPB, Ir. Mintarti dan gambaran potensi wilayah disampaikan oleh Manajer GA&Comrel PT SBI/Holcim. 
Edi Prajitno dan terkait Strategi fasilitasi program disampaikan oleh Sekretaris P2SDM, Warcito, SP.MM.

Idim Dimyati, salah satu mahasiswa IGTF dari departemen Arsitektur Lanskap menyampaikan telah menyiapkan langkah- langkah untuk melaksanakan IGTF di Kecamatan Klapanunggal. ” 
Langkah pertama pastinya kita akan, mengenalkan dan mengadaptasikan diri dengan masyarakat dan lingkungannya, dengan cara kita mengenal lebih dekat budaya dan tradisi yg ada di masyarakat. ” Tim saya ada 7 orang, saya dipercayakan untuk mengidentifikasi potensi wisata di desa, papar Idim.

Target yang akan kita jadikan sebagai desa wisata atau agrowisata yang akan diidentifikasi adalah desa nambo dan desa kembang kuning, tambahnya.

Para Mahasiswa IGTF ini akan mendapatkan pembekalan umum dilanjutkan pelepasan secara resmi oleh pimpinan ipb university pada tanggal 16 Juli 2019 (dh).

Bagikan berita ini:
Facebook
Twitter
YouTube
Instagram