Revolusi industri 4.0 menghasilkan suatu pengembangan ide kreatif dengan berbasiskan pada perpaduan sistem media internet secara fisik (cyber physical system) yakni gabungan antara domain digital, fisik dan biologi. Hal ini yang mendorong Institut Pertanian Bogor (IPB) untuk menghasilkan lulusan unggul yang adaptif terhadap perubahan yang mampu mendukung proses transformasi ekonomi yang lebih merata di era sharing economy melalui tumbuhnya technopreneur dengan start-up bisnis serta socio-preneur dalam pengembangan masyarakat melalui inovasi-inovasi yang dihasilkan. Program pendidikan, penelitian dan pengabdian diarahkan untuk mendukung hal tersebut.

Sementara itu, sebagai perguruan tinggi berbasis pertanian, IPB adalah ladang persemaian yang subur bagi calon-calon pemimpin bangsa yang berintegritas dan mampu menjadi trend setter perubahan di era disrupsi ini. Komitmen besar IPB untuk mencetak pemimpin-pemimpin bangsa ini diwujudkan melalui sejumlah langkah  yakni penguatan talent pool sejak dini dan melalui proses yang sistematis. IPB menjadi bagian dari solusi atas segala persoalan riil di masyarakat serta menjadi rujukan utama dalam bidang pertanian, kelautan dan biosains tropika baik nasional maupun global. Para dosen, peneliti, mahasiswa, dan alumni IPB untuk terus-menerus dan serius mengembangkan riset, publikasi ilmiah, dan inovasi dengan semangat baru, yakni semangat untuk menginspirasi dunia, semangat untuk memberi sesuatu untuk dunia, dan semangat untuk andil dalam perubahan dunia.

Sejak berdiri, Pusat Pengembangan Sumberdaya Manusia (P2SDM) Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Institut Pertanian Bogor (IPB) memiliki komitmen untuk mewujudkan visi IPB yakni Menjadi terdepan dalam memperkokoh martabat bangsa melalui pendidikan tinggi unggul pada tingkat global di bidang pertanian, kelautan, dan biosains tropika. Oleh karena itu, P2SDM LPPM IPB pada periode 2017-2021 mendorong dan menjadi bagian dari pemenuhan visi utama IPB melalui Pengkajian dan Advokasi Kebijakan SDM, Pelatihan dan Diseminasi Teknologi, Pendampingan dan Pemberdayaan Masyarakat, serta Pengembangan  Sistem Informasi SDM. Dengan demikian, pengelolaan P2SDM yang baik dan profesional dapat mencapai visi tersebut dengan semangat berkarakter memiliki kompeten dan terus berinovasi.

Facebook
Twitter
YouTube
Instagram