Observation Study Tour Posdaya ke-70

Pusat Pengembangan Sumberdaya Manusia (P2SDM) Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Institut Pertanian Bogor (IPB) menerima kunjungan dari berbagai instansi. Diantaranya Koordinator Kesejahteraan Sosial (K3S) Kota padang Panjang, Sumatera Barat, TP PKK Cilandak Jakarta, Lions Club Yogyakarta, Universitas Pelita Bangsa Cikarang dan Universitas Trilogi Jakarta (28/10). Kunjungan ini dilakukan ke beberapa Posdaya binaan IPB, salah satunya Posdaya Puspa Lestari, Kelurahan Pasir Kuda. Kegiatan kunjungan sejumlah instansi ini dirangkum dalam Observation Study Tour (OST) ke-70 yang diadakan bersama Yayasan Damandiri. Kunjungan ini terasa istimewa karena tepat 28 Oktober, Posdaya Puspa Lestari merayakan ulang tahun kelima.
IPB telah mengembangkan hampir 150 Posdaya di Kota Bogor, Kabupaten Bogor, Cianjur dan Sukabumi. Bekerjasama dengan Yayasan Damandiri, IPB juga menjadi koordinator wilayah bagi 12 perguruan tinggi mitra dalam pengembangan posdaya. Rombongan yang berkunjung ke Posdaya Puspa Lestari disambut di Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Bina Lestari dengan tarian daerah persembahan para siswa. Rombongan juga disambut dengan dua buah lagu persembahan dua orang siswa penyandang disabilitas binaan Pelayanan Rehabilitasi Sosial Penyandang Cacat Berbasis Masyarakat (PRSPCBM), Fia dan Ade Suryani.
Selain itu, rombongan juga berkunjung ke Pos Usaha Kesehatan Kerja (UKK) “Puspa” dengan meninjau langsung wirausaha home industry pembuatan tempe, dan Koperasi Pembiayaan Ekonomi Kelurahan (KPEK). Sahdi, S.Sos Kasi Perekonomian Kecamatan Bogor Barat Kota Bogor menyatakan, “Selamat datang di Kecamatan Bogor Barat khususnya Kelurahan Pasir Kuda. Semoga hasil peninjauan dari kelurahan ini dapat bermanfaat untuk pengembangan di daerah masing-masing baik kreasi maupun inovasinya. Dalam kesempatan ini juga Sahdi S.Sos memaparkan banyak memaparkan kondisi di daerah Kecamatan Bogor Barat.”
Pimpinan Rombongan OST ini menyatakan, “Saya atas nama rombongan senang dapat bersilaturahim di Kelurahan Pasir Kuda ini. Saya bersama rombongan juga mengucapkan terima kasih karena telah disambut secara luar biasa, kami sangat terharu dan mendapatkan kesan postif setelah melakukan kunjungan ke Posdaya Puspa Lestari. Kedatangan ini merupakan tindak lanjut dari kunjungan kami ke Yayasan Damandiri. Kami telah diberi pelatihan mengenai posdaya dan pada hari kedua kami dibawa ke tempat posdaya yang telah berhasil. Alhamdulillah, yang kami temui sangat mengejutkan dan luar biasa yang menginspirasi kami untuk diterapkan di daerah masing-masing.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


8 + three =

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>