Pelatihan Kader Posdaya

Kader Posdaya Binaan IPB Dilatih Membuat Kemasan Produk

Pusat Pengembangan Sumberdaya Manusia (P2SDM) Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Institut Pertanian Bogor (IPB) menyelenggarakan pelatihan pembuatan kemasan, (29-30/1). Kegiatan yang bertempat di Kampus IPB Baranangsiang Bogor ini, diikuti oleh sekira 40 kader Pos Pemberdayaan Keluarga (Posdaya) dari Kimage of newsabupaten dan Kota Bogor, serta dari Cianjur.   Kepala P2SDM LPPM IPB, Dr. Pudji Muljono menyampaikan, pelatihan ini difokuskan untuk  produk-produk pengolahan pangan dan kerajinan berbasis potensi di Posdaya. Sementara ini, terangnya, produk yang dihasilkan oleh Posdaya binaan IPB masih kalah bersaing dengan produk luar, terutama dari daya tarik kemasannya.

Untuk itu, P2SDM LPPM IPB sebagai mitra berkewajiban mendampingi, membina dan memberikan pengetahuan cara membuat kemasan produk yang menarik dan baik. Sementara itu, Ketua Pelaksana, Ir Yannefri Bachtiar, M.Si mengatakan, pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan penjualan dari produk yang dihasilkan oleh Posdaya. “Dengan bentuk kemasan yang menarik konsumen, otomatis daya beli akan meningkat dan keuntungan akan lebih banyak didapat,” ujarnya.   Salah satu peserta, Suherti dari Posdaya Cemara Bondongan Kota Bogor, mengatakan dengan mengikuti pelatihan ini, ia berharap dapat menambah pengetahuan tentang pembuatan kemasan produk yang menarik. “Ilmu yang didapat akan saya tularkan kepada anggota Posdaya,” ujarnya.

Narasumber pelatihan, Hendra Gautama Putra dari Rumah Kemasan Atama Pack Bandung menjelaskan, desain kemasan produk harus semenarik mungkin bagi konsumen. Menurutnya, yang harus diperhatikan bagi produsen dalam pembuatan kemasan diantaranya adalah harus mencantumkan informasi bahan produk, informasi perijinan dari dari Dinas Kesehatan, dan label halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI). (Awl)

Kontak:

Kepala P2SDM LPPM IPB Dr. Pudji Muljono No HP. 081311157644

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


− one = 0

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>